Minggu, 21 Oktober 2018

SPORT MASSAGE



Pengertian     
Kata massage berasal dari bahasa Arab yaitu "mash" yang bisa diartikan "menekan dengan lembut", dalam bahasa Yunani disebut "massien" yang berarti "memijat atau melutut". Massage disebut pula sebagai sebagai ilmu pijat atau ilmu lutut, para pelakunya biasa disebut sebagai masseur untuk pria dan massaeuse untuk wanita.
Massage dapat diberikan kepada semua orang tanpa memandang jenis kelamin dan usia, baik itu laki-laki, perempuan, orang tua, dewasa maupun anak-anak, bahkan hewan peliharaan yang kita cintai.
Massage adalah seni gerak tangan yang bertujuan untuk mendapatkan kesenangan dan memelihara kesehatan jasmani. Gerak tangan secara mekanis ini akan menimbulkan rasa tenang dan nyaman bagi penerimanya.
Massage sangat disukai oleh manusia bahkan hewan. Hampir setiap hari manusia melakukan pemijatan sendiri. Sejatinya massage merupakan salah satu bentuk dari aktivitas memanipulasi gerakan sederhana tertentu yang ditemukan manusia untuk mengelus atau mengusap bagian badan yang sakit atau saling membelai satu sama lain untuk menenangkan.


Sport
Olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat berupa permainan,pertandingan,dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia yang memiliki idiologi yang seutuh nya dan berkualiatas  berdasarkan dasar Negara atau pancasila.
Olahraga adalah pereda stress yang sangat baik,olahraga dapat mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dengan cara meredakan ketegangat otot tubuh,gerkan tubuh yang berirama dan teratur untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran.

Massage
Massage adalah rangkaian yang tertruktur dari  tekanan atau sentuhan, tangan dan bagian tubuh yang lain seperti lengan bawah dan siku dapat digunakan untuk memanipulasi di  atas kulit, terutama pada bagian otot dengan gerakan,menggososk,memukul, dan menekan.          
Massage merupakan suatu pengetahuan yang mempunyai hubungan erat dengan tubuh manusia, karena nya bila seseorang mempelajari massage  harus terlebih dahulu mengetahui ilmu-ilmu  tentang tubuh manusia  seperti, anatomi, fisiologi, kinesiology dan kesehatan.
Massage dapat dipelajari oleh semua orang dari berbagai lapisan masyarakat, baik secara alamiah maupun ilmiah, dari cara tradisional  sampai modern, menggunakan alat yang di rancang dengan gerakan otomatis.

Pengertian Sport massage
Sport massage adalah pengobatan pijat yang memperlakukan pada aspek fisik, pisiologis dan psikologis untuk atlet, hal ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah olahraga. Jika digunakan sebelum kegiatan olahraga akan sangat membantu dalam pemanjangan dan melonggarkan jaringan lunak. 
Pijat mengacu pada manipulasi sistematis jaringan lunak tubuh untuk tujuan terapiutik dan melancarkan peredaran darah.Olahraga pijat adalah ilmu dan seni menerapkan pijat dan teknik yang berkaitan dengan menjaga kesehatan atlet dan untuk meningkatkan kinerja atlet.


Hal ini sesuai dengan pendapat mumford (2001:10) menjelaskan bahwa," massage adalah rangakaian yang tertruktur dari tekanan atau sentuhan". lebih lanjutnya tairas (2000: 1-2) memberi pengertian sebagai berikut," massage adalah suatu metode refleksiologi yang bertujuan untuk memperlancar kembali aliran darah, yakni dengan  genjotan-genjotan atau pijatan-pijatan kembali darah pada titik sentrarefleks". sedangkan C.K Giam (1993:172) Menyebutkan bahwa," massage adalah manipulasi jaringan lunak tubuh, manipulasi ini  dapat mempengaruhi sistem saraf, otot, pernafasan, sirkulasi darah dan limpa secara lokal maupun umum".
Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas, dapat kemudian kita simpulkan  bahwa massage adalah tindakan instingtif yang dilakukan dengan manipulasi tertentu, seperti mengurut, menggosok,memukul dan menekan pada bagian tubuh tertentu yang dapat menghasikan efek fisiologis, frofilaktis, dan terpeutis bagi tubuh.

Daftar bacaan
https://www.olahraga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar